Resep Membuat Sambal Asam Teri Khas Aceh

Sambal Asam Teri merupakan salah satu kudapan khas Aceh yang sudah terkenal dan menjadi favorit dalam keluarga. Mungkin bagi sebagian orang mendengar namanya masih asing ditelinga, tapi tidak untuk masyarakat Aceh dan sekitarnya. Karena memang masakan ini khas dari Aceh. Sambal yang satu ini sedikit berbeda dengan sambal pada umumnya, itu bisa dilihat dari bahan tambahannya yakni belimbing sayur dan juga daun jeruk. Sedangkan bahan utama menggunakan cabai rawit seperti biasa.
Resep Membuat Sambal Asam Teri Khas Aceh

Cara membuat sambal asam teri khas aceh cukup mudah. Hanya dalam hitungan menit sambal ini sudah bisa diikmati. Sambal ini lebih cocok kalau disantap dengan nasi yang hangat. Untuk yang mau mencoba enaknya sambal asam teri ini bisa langsung melihat resepnya berikut ini.
Bahan :

  • Cabai rawit 5 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Teri medan kering 50 gram, rendam sebentar dan goreng hingga kering
  • Buah belimbing sayur 3 buah
  • Daun jeruk 5 lembar

Cara Membuatnya :

  1. Ulek bahan cabai rawit dan bawang merah serta bawang putih, tidak perlu halus. Lalu masukan belimbing sayur yang telah diiris dan ulek hingga sedikit hancur
  2. Masukan teri medan dan daun jeruk, lalu ulek sekenannya
  3. Sambal Asam Teri siap untuk disajikan

Demikianlah proses dari Resep Membuat Sambal Asam Teri Khas Aceh yang bisa kami bagikan. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk mencoba sambal dari daerah lain seperti Resep Membuat Sambal Matah Bali.

0 Response to "Resep Membuat Sambal Asam Teri Khas Aceh"

Post a Comment